3.24.2009

MACAM-MACAM HARDWARE


A.POWER SUPPLY

Power supply brupa kotak tegangan listrik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki beberapa kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware yang ada dalam casing.

FUNGSI
a.Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen hardware yang membutuhkan arus dan tegangan pada motherboard.

b.Menyuplai tegangan langsung ke komponen yang memerlukan tegangan arus DC, misalnya harddisk,CD-Rom,atau kipas.

B.MOTHERBOARD atau MAINBOARD

Motherboard berupa borad (papan) elektronik utama yang mempunyai beberapa slot individual yang bisa dislotkan (dipasangkan) untuk board lain, mulai dari prosesor, memori, soundcard, display adapter, dan sebagainya.

FUNGSI
a.Tempat meletakkan atau memasang berbagai komponen, misalnya prosesor, VGA card, soundcard, memori, dan lain-lain.

b.Media transfer data dari komponen yang bekerja di dalam computer, misalnya prosesor untuk memberi perintah kepada komponen seperti memori atau harddisk dengan menggunakan jalur pada motherboard yang disebut bus clock.



C.CMOS/BIOS

CMOS/BIOS adalah cip yang berisi software BIOS, dibuat ole pabrik pembuat motherboard. Berfungsi membaca dan mendata komponen hardware yang terpasang pada motherboard.

D.BATERAI CMOS

Baterai CMOS merupakan sumber tagangan bagi bios yang berfungsi menyimpan konfigurasi setting bios agar tidak berubah setiap computer dimatikan atau dinyalakan.



E. MEMORI UTAMA

Prosesor hanya dapat menyimpan data dan instruksi di register yang berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk keseluruhan proses program.

FUNGSI
Sebagai alat penyimpan data dan program yang bersifat sementara, hanya bekerja pda saat computer hidup.

F. HARDDISK

Komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya yang dilapisi oleh casing yang kuat.

FUNGSI
a.Salah satu alat booting computer
b. Media penyimpanan operation system (os) yang digunakan pada …..computer.
c.Media penyimpanan semua data dalan kapasitas yang besar pada computer.

G. VIDEO/GPU

Video adaptor merupakan komponen hardware komp yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan berupa monitor.

FUNGSI
a.Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD.
b.Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa monitor/layar.

H. HEATSINK FAN (HSF)

Merupakan peralatan pendingin yang berbentuk kotak/bulat yang terbuat dari bahan aluminium dan diatasnya terdapat kipas yang akan terus berputar saat computer menyala.

FUNGSI
a.Pendingin pada hardware yang diatasnya diletakkan HSF.
b.Komponen pokok yang menempel pada prosesor karena prosesor tidak akan berfungsi jika tidak terdapat HSF diatasnya.




0 komentar:

Posting Komentar

LINK TEMAN -TEMAN

Followers

 

Dzulqarnain...Zone.... Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com